Obat Batuk Berdahak

Obat Batuk BerdahakBatuk merupakan ekpirasi eksplosif untuk mengeluarkan sekret dan benda asing dari saluran trakeobronkial. Batuk merupakan gejala kardiorespirasi yang paling sering ditemukan dan salah satu gejala yang paling sering menyebabkan seseorang datang ke dokter. Alasannya dapat berupa keletihan, insomnia dan kekhawatiran terhadap penyebab batuk, khususnya rasa takut terhadap kemungkinan penyakit kanker serta AIDS.

Obat Batuk Berdahak

Obat Batuk Berdahak

Pada batuk berdahak yang penting adalah menghilangkan dahak sebagai penyebab batuk, maka diberikan obat batuk jenis ekspektoran atau pengencer mukus/lendir. Ekspektoran yang efektif adalah guafenesin/guaiakolat. Sedangkan pengencer mukus yang manjur adalah bromheksin/ambroksol. Selain itu juga terdapat jenis tanaman yang dibuat sebagai obat batuk berdahak, contohnya licorice (glycirizia glabra), tymi (dijual daun tymi segar maupun kering serta dalam bentuk sirop), bawang merah/putih, asam sitrat dari jeruk nipis dicampur kecap/madu.

Hal dan dosis yang harus diperhatikan dari jenis obat batuk berdahak seperti yang disebutkan di atas, adalah :

1. Gliseriguaiakolat
Hal yang harus diperhatikan :

  • Hati-hati atau minta saran dokter untuk penggunaan bagi anak di bawah umur 2 tahun dan ibu hamil.
  • Kegunaan obat : mengencerkan lendir saluran napas
  • Aturan pemakaian :
  • Dewasa : 200-400 mg setiap 4 jam sekali
  • Anak-anak :- 2-6 tahun 50-100 mg setiap 4 jam
  • 6-12 tahun 100-200 mg setiap 4 jam

2. Bromheksin
Hal yang harus diperhatikan :
Hati–hati atau minta saran dokter untuk penggunaan bagi penderita tukak lambung dan wanita hamil 3 bulan pertama.

  • Kegunaan obat : mengencerkan lendir saluran napas
  • Efek samping yang tidak diinginkan : rasa mual, diare dan kembung ringan
  • Aturan pemakaian : dewasa : 4-8 mg sehari 3 kali

3. Ammonium klorida
Hal yang harus diperhatikan :

  • Hati-hati atau minta saran dokter pada penderita menggunakan aspirin, barbiturat dan diuretik.
  • Hati-hati atau minta saran dokter pada penderita hepatitis, ginjal dan paru.
  • Kegunaan obat : mengencerkan cairan dalam saluran napas

4. Dekstrometrorfan HBr
Hal yang harus diperhatikan :

  • Hati-hati atau minta saran dokter untuk penderita hepatitis
  • Jangan minum obat ini bersamaan dengan obat penekan susunan syaraf pusat
  • Kegunaan obat : penekan batuk cukup kuat kecuali untuk batuk akut yang berat
  • Efek yang tidak diinginkan : jarang terjadi dan ringan seperti mual dan pusing serta dosis terlalu besar dapat menimbulkan depresi pernapasan
  • Aturan pemakaian :
  • Dewasa : 10-20 mg 3 kali sehari
  • Anak : 5-10 mg 3 kali sehari

Obat batuk berdahak tradisional alami bisa Anda buat sendiri dirumah dan cara membuatnya pun tidak sulit. Beberapa obat batuk berdahak alami adalah :

  1. Kencur
    Kencur merupakan salah satu obat batuk yang sudah dipercaya sejak dulu kala. Cara membuat ramuan dari kencur ini adalah kupas danbersihkan kencur, kemudian diparut sampai sari airnya keluar. Perasan tadi dicampur dengan menggunakan sedikit garam dan juga air. Lalu, aduklah dengan merata. Dan setelah itu, minumlah ramuan tadi sebelum tidur dan setelah sarapan.
  2. Belimbing wuluh
    Belimbing wuluh atau yang dikenal dengan nama belimbing asam dan belimbing buluk bisa digunakan sebagai obat batuk berdahak anak. Cara membuatnya juga cukup mudah, tim atau kukuslah belimbing wuluh ke dalam panci kecil yang tertutup kiira-kira selama beberapa jam, dan satu genggam bunga belimbing wukuh sekitar 11-12 gram yang masih segar, 5 butir adas, dan 1 sendok makan gula batu dan ½ gelas air. Kemudian saringlah dan minumlah 2-3 kali dalam sehari dengan dosis yang sesuai dengan usia anak.
  3. Jahe

Untuk mengobati penyakit batuk berdahak, maka bisa menggunakan ramuan alami ini. Ramuan alami dibuat 10 gram jahe segar dan 6 batang daun bawang, serta lobak cina secukupnya saja. Bersihkan terlebih dahulu lobak dan setelah itu direbus. Kemudian, jahe dan bawang ditambahkan ke dalam rebusan lobak dan direbus sampai air rebusan yang tersisa hanya tinggal 1 mangkuk. Air rebusan dari bahan alami tadi diminum sekialigus. Selain itu, pengobatan ini bisa dilakukan dengan cara menyiapkan rebusan jahe. Dan selagi masih hangat, maka jahe diusapkan kepada punggung si penderita.

  1. Jahe dan madu
    Untuk mengobati jenis batuk berdahak yang kental, maka bisa menggunakan jahe dan madu. Cara membuat ramuan ini adalah jahe dijus dan diambil sekitar satu cangkir, kemudian ditambahkan 30 ml madu ke dalamnya dan diaduk dengan merata. Setelah itu jus jahe tadi siap untuk diminum. Atau cara lainnya adalah dengan menyiapkan sekiatr 10 g jahe kering, 30 g ketumbar, dan 3 g buah aprikot. Kemudian bahan-bahan tadi direbus ke dalam air dan siap untuk diminum.

Itulah beberapa ramuan obat alami untuk membantu mengatasi masalah batuk berdahak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Obat Batuk Berdahak


=====================================

>>> Obat Batuk Berdahak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Batuk Berdahak and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>