Obat Tradisional Batuk Berdahak

Setiap orang pasti pernah mengalami batuk. Batuk memang sejatinya diperlukan dalam kehidupan manusia guna membersihkan kotoran dan mengeluarkan dahak yang ada di dalam tubuh (tenggorokan dan paru-paru) untuk melegakan pernapasan sehingga oksigen masuk dengan mudah ke seluruh jaringan tubuh. Batuk dapat disebabkan oleh pilek atau influenza, sakit tenggorokan, asma, bronkitis, pengaruh lingkungan yang sekitar yang kotor, efek samping dari obat-obatan.

Perubahan cuaca yang tidak menentu juga sering mengantarkan berbagai gangguan penyakit seputar pernapasan. Perubahan cuaca yang sering berpengaruh pada tubuh manusia adalah batuk berdahak. Batuk berdahak merupakan gangguan sistem pernapasan yang sering mengganggu akibat masuknya berbagai mikroorganisme dalam tubuh seperti infeksi, bakteri dan virus.

Gejala awal dari batuk berdahak yang mudah dikenali dan dirasakan adalah rasa gatal di tenggorokan, perubahan suara yang tiba-tiba serak atau parau. Batuk berdahak dapat mengganggu pita suara , suara terdengar bindeng, gangguan pada telinga dan gangguan lainnya yang disebabkan oleh batuk berdahak.

Batuk juga bisa digolongkan sebagai salah satu bentuk alergi, akibat cuaca ekstrem atau bahkan oleh debu. Batuk sebenarnya dapat disembuhkan cukup dengan obat resep dokter. Selain dengan obat resep dokter, batuk berdahak juga dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan herbal tradisional yang diperoleh dari bahan-bahan herbal alami pilihan yang dipercaya dapat mengobati batuk berdahak, ialah :

1. Dengan menggunakan garam, kunyi dan kencur

Keiga bahan tersebut dapat dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengobati batuk berdahak.

Cara membuat obat batuk berdahak tradisional dengan menggunakan garam, kunyit dan kencur adalah :

- Campurkan garam, bubuk kunyit dan bubuk kencur secukupnya dalam gelas susu kemudian seduh dengan menggunakan air hangat. Aduk hingga merata dan minum airnya. Atau cara lainnya dengan merebus beberapa rimpang kunyit dan kencur direbus dalam air mendidih dan tambahkan sedikit garam. Rebus hingga air berubah warna. Saring dan tunggu hingga hangat lalu minum 2 kali sehari. Satu kali minum=1/2 gelas.

2. Dengan menggunakan jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki sifat dan rasa asam yang cukup kuat. Namun jeruk nipis ini ternyata memiliki nilai obat yang sangat mahal untuk mengobati batuk berdahak. Penggunaan jeruk nipis ini telah lama digunakan sejak zaman dahulu.

Cara membuat jeruk nipis sebagai obat  tradisional batuk berdahak :

- Peras jeru nipis di atas sendok makan, kemudian campurkan dengan sedikit kecap atau madu murni. Kemudian aduk rata dan minum. Jeruk nipis akan membantu menurunkan dan mengurangi dahak di tenggorokan.

3. Dengan menggunakan asam jawa

Asam jawa dapat digunakan sebagai batuk berdahak alami untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan meluruhkan dahak. Untuk membuat obat tradisional batuk berdahak dengan menggunakan asam jawa, yakni :

- Campurkan kencur, garam dan asam jawa. Kemudian rebus ramuan tersebut hingga mendidih dan saring. Minum ramuan tersebut ketika hangat-hangat kuku. Sekali minum cukup satu gelas kecil 2 kali sehari.


=====================================

>>> Obat Batuk Berdahak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Batuk Berdahak and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>